Taxes, Tax Guide, Exact, Tax Base Atau T&F ?

Para pegiat pajak tentu sudah tidak asing lagi dengan software peraturan perpajakan. Produk ini sangat membantu sekali, baik untuk Wajib Pajak maupun pihak fiskus. Lebih-lebih para auditor pajak. Dengan software ini, kita tidak perlu lagi mengoleksi buku peraturan pajak yang tebal-tebal seperti dulu. Cukup dengan 1 CD, semua peraturan perpajakan yang berlimpah itu dapat kita baca.

Saat kemunculan pertama kali, harga software ini cukup mahal. Namun seiring dengan banyaknya kompetitor, harganya semakin terjangkau. Dulu, software ini juga hanya berisi teks peraturan saja, tidak bisa dicopy paste, tidak ada hyperlink, history dan miskin fitur. Tampilannya pun sederhana sekali. Sekarang ini, umumnya sudah bisa dicopy paste, ada hyperlink dan history. Kita dengan mudah dapat mengetahui apakah suatu peraturan sudah tidak berlaku lagi, apa yang menggantikannya, dll. Fitur semakin kaya. Dulu peraturan tentang Tax Treaty dijual terpisah, sekarang sudah menjadi satu kesatuan. Tampilannya sekarang sudah mengikuti zaman.

Walau masih dapat dihitung dengan jari, software karya anak bangsa ini makin lama makin banyak. Sebut saja : Taxes, Tax Guide, Exact, Tax Base, dan pendatang baru, T&F. Taxes, sang pionir, mungkin masih menguasai pangsa pasar terbesar saat ini. Tapi bukan berarti yang lain tidak bertumbuh. Yang pasti dengan makin ketatnya kompetisi, konsumen lebih diuntungkan. Lebih banyak pilihan dan lebih terjangkau.

Software ini sangat berguna untuk menunjang aktivitas para pegiat pajak. Lantas, lebih baik pilih yang mana ? Taxes, Tax Guide, Exact, Tax Base, atau T&F ?

Sebenarnya, masing-masing punya keunggulan dan kekurangan. Kalau soal harga, mungkin T&F juaranya. Produk baru ini memuat juga referensi peraturan dari instansi lain, seperti Bea Cukai, Depnaker, dan lain-lain (walaupun masih sedikit, tidak seperti yang dijanjikan di brosur). Tapi, kesulitan saat mencetak dan fasilitas hyperlink jadi kelemahan yang perlu diperbaiki. Tax Guide, kini semakin murah harga initialnya dan dijual di toko buku umum. Exact, sebenarnya cukup bagus, tapi pengantaran CD updatenya seringkali terlambat.

Jadi tergantung kebutuhan, bila ingin memilih. Kalau saya sendiri, lebih memilih Tax Base (ini murni bukan promosi). Kecepatan, fasilitas history yang lengkap dan fitur tambahan adalah alasannya.

Ada yang punya pengalaman lain ?



Taxes, Tax Guide, Exact, Tax Base Atau T&F ? Taxes, Tax Guide, Exact, Tax Base Atau T&F ? Reviewed by ahmad muzaini on Thursday, April 26, 2007 Rating: 5

4 comments:

Abu Yazid said...

Menurut saya, TaxBase tidak terlalu bagus. DIa hanya bagus pada tampilan pertama saja yang berupa flash. Tapi dari segi layanan update, sangat terlambat dan tidak sesuai janji. Waktu itu saya dijanjikan update via email, tapi sampai sekarang ga pernah dikirim lagi. Lalu akhirnya saya mendapatkan TAXLINK, software yang cukup murah, lengkap dan handal (bukan promosi yaaa..) harganya cuma 150rb. Tapi updatenya sangat bagus, featurenya juga banyak. Print ke wordnya pun bagus. Update via internet 3 hari sekali pasti saya bisa langsung download otomatis. Kemarin saya sudah dapat juga Peraturan Undang-undang KUP yang terbaru. Kalo saya lihat di Tax Base, malah belum dikirim, udah gitu Taxbase cuma bis update lewat CD aja lagi. Jadinya saya sarankan pake TAXLINK aja Bro... Kalo mau saya kasih nomer telponnya nih 72895655

ahmad muzaini said...

Terima kasih atas infonya, Mas Arief. Memang saya belum pernah mencoba TAXLINK. Kita harapkan karya anak bangsa dalam software peraturan perpajakan ini makin banyak, berkembang dan semakin baik di masa mendatang.

Unknown said...

Menurut saya (pribadi) tax base cukup bagus kok layanannya, apalagi inovasinya yang ngga pernah berhenti. Hyperlinknya, status peraturan dan history yg beda dng yg lain (open new window dan bertingkat) yg memungkinkan kita utk melakukan komparasi antara satu peraturan dng peraturan yg lain. Kalo diteliti lagi fitur dan kecanggihan sistem yg ada di tax base sejauh ini belum ada yg nandingin. Kalo masalah update via email saya juga selalu dikirimi. Walaupun sekarang sudah tidak lagi karena Developernya bikin web yang namanya Ortax dan kalo kita jadi member kita akan dikirimi peraturan terbaru + berita & artikel2 pajak yg sangat membantu. Dan semuanya gratis. Untuk pendatang baru yang namanya T&F saya juga sudah liat tuch brosurnya, saya pikir dng harga 50 rb utk 1 tahun dan updatenya dwi bulanan sudah sangat murah. Tapi banyak teman2 yg mengeluhkan setelah menggunakan, ya dari sistem maupun substansi yg over promise under delivery... jadi pilihan ada di tangan Anda

Anonymous said...

oh... gitu ya bro.....

Pinterest Gallery

Powered by Blogger.