Font Itu Bernama Tahoma


Siapa bilang memilih font tidak penting ? Saya pernah kewalahan membaca hasil print out data dari WP. Print out itu memakai font Arial. Repotnya karena datanya banyak, ukuran fontnya jadi kecil. Dan ini kelemahan Arial : susah membedakan antara angka 6 dan 8 dalam ukuran yang kecil. Apalagi kalau printernya masih dot matrix. Font standar dari Office ini juga yang sering dipakai oleh para pemeriksa. Mungkin karena defaultnya dari Office begitu, jadi malas menggantinya.

Saat membuat KKP perlu dipertimbangkan jenis font. Ini untuk menjaga agar tulisan kita enak dan nyaman dibaca. Memang tidak ada kewajiban untuk memakai jenis font tertentu dalam KKP. Namun pengalaman menunjukkan salah memilih font bisa mengganggu kelancaran membaca. Memakai font Comic Sans MS, misalnya, akan mengakibatkan angka-angka dalam sebuah kolom tabel tidak rata bila dibaca dari atas ke bawah. Ini karena ukuran per jenis angkanya tidak sama. Memakai Arial, sering keliru antara angka 6 dengan angka 8. Ingat, KKP lebih banyak mengandung angka dari pada huruf. Sehingga perlu dicari font yang angkanya enak dibaca, agak formal dan ukurannya seragam sehingga dalam satu kolom akan rata.

Menurut pendapat saya, font Tahoma yang memenuhi kriteria-kriteria itu. Setelah mencoba-coba jenis font yang lain, tidak ada yang memuaskan, akhirnya ketemu Tahoma. Sampai saat ini saya masih setia menggunakan font ini. Font yang didisain oleh Matthew Carter pada tahun 1994 ini agak mirip Verdana, tapi dia lebih rapat, sehingga terkesan lebih elegan.

Untuk membuat Tahoma menjadi default font dapat dilakukan langkah berikut : masuk ke menu tools, pilih option, kemudian tekan tab general. Pada standard fonts, pilih Tahoma. Dengan demikian, setiap kita membuat file baru, font yang digunakan adalah Tahoma.


Font Itu Bernama Tahoma Font Itu Bernama Tahoma Reviewed by ahmad muzaini on Friday, February 16, 2007 Rating: 5

3 comments:

Anonymous said...

Kalo saya kok pilih Times New Roman ya...
memang sih, font ini bisa dibilang musuh bebuyutannya printer dot matrix.
Tapi, font ini cenderung berkesan resmi dan jelas terbaca.
Makanya, kalo bikin KKP dan LPP, saya pilih Times New Roman... dengan konsekuensi -> ndak pake printer dot matrix.

ahmad muzaini said...

Sebenarnya memang banyak pilihan font yg cocok buat KKP dan LPP, tergantung preferensi orangnya. Times New Roman juga ok. Asal bukan Comic Sans (ini pendapat pribadi lho) , kayaknya kurang pas aja. Salam kenal mas Haishor.

Unknown said...

Ada yang tau nggak yah, font yang biasa di pake PBB.

Pinterest Gallery

Powered by Blogger.